Pemerintah Kota Ambon
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Lambang Pemerintah
    • Walikota
    • Wakil Walikota
    • Pejabat Daerah
    • OPD
    • Kecamatan
    • Keadaan Geografis
    • Nama & Masa Jabatan Walikota
  • Mengenal Ambon
    • Sejarah Ambon
    • Pakaian Adat
    • Pakaian Pengantin
    • Tujuan Wisata
      • Tempat Bersejarah
        • Museum Siwalima
        • Benteng Victoria
        • Benteng Amsterdam
      • Tempat Wisata
        • Pantai Natsepa
        • Pantai Liang
        • Nusa Pombo
    • Cerita Rakyat
      • Tempayan Soya
      • Buaya Tembaga
      • Asal Mula Nama Sirimau
      • Tanjung Marthafonz
      • Bulu Pamali
    • Peta Ambon
  • Potensi Daerah
    • Perbankan
    • Perdagangan
    • Perikanan
    • Pariwisata
    • Sarana Prasarana
  • Open-Government
    • Daftar Informasi Publik (DIP)
      • Alur Permohonan Informasi
      • ORGANISASI PERANGKAT DAERAH
    • PPID
      • Keputusan Walikota Ambon No 227 Thn 2018
      • Keputusan Walikota Ambon No 185 Tahun 2013
      • Instruksi Walikota Ambon No 1 Tahun 2013
      • Peraturan Komisi Informasi No 1 Tahun 2010
      • Penjelasan Perki 1 – 2010 tentang SLIP
      • Permendagri No 35 Tahun 2010
      • PP No 61 Tahun 2010
      • UU No 14 Tahun 2008
      • Surat Edaran No 1 Tahun 2011
      • Penetapan Kinerja Pemerintah Kota Ambon Thn 2014
      • Indikator Kinerja Utama Pemkot Ambon
    • Open Budget/Transparansi Anggaran
      • APBD 2017
      • APBD APBDP 2011-2016
      • RPJMD 2011-2016
      • RKPD Tahun 2015
      • RKPD Tahun 2016
      • LAKIP KOTA AMBON
    • Open School
  • Informasi
    • Peraturan Pemerintah
      • 2015
      • 2016
    • Produk Hukum Daerah
      • Peraturan Daerah
    • Perbankan
    • Perizinan
    • Kode Pos
  • Hubungi Kami
    • Kontak Kami
    • Kritik & Saran

Wujudkan Birokrasi Yang Akuntabel, Efektif Dan Efisien, Pemkot Gelar Bimtek Sakip

Posted on February 11, 2019 by Admin Posted in News

Ambon,PPID – Dalam rangka mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif, dan efisien, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi  Pemerintah (SAKIP) yang mengambil tempat di Ballroom Marina Hotel, Senin (11/02).Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G. Latuheru dalam sambutannya menyampaikan, Penataan SAKIP dimulai dari perencanaan, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data dan informasi, pelaporan kinerja serta evaluasi kinerja.

Sekkot menjelaskan, Perencanaan harus memastikan sasaran pembangunan daerah yang sesuai dengan sasaran pembangunan nasional, Perjanjian kinerja untuk memastikan upaya pencapaian target-target yang diperjanjikan oleh pejabat berkompeten.

Pengukuran Kinerja, Lanjut Sekkot, untuk memastikan kemajuan pencapaian target diukur secara tepat, Pengelolaan Data untuk memastikan data kinerja dikelola dengan baik, sementara Pelaporan Kinerja untuk memastikan pencapaian kinerja lewat laporan yang diberikan kepada pemberi amanah serta evaluasi kinerja untuk memastikan terdapat perbaikan berkelanjutan guna peningkatan kinerja.

“Penataan SAKIP akan lebih akuntabel,efektif,efisien apabila terdapat cross cutting atau keterkaitan antara sasaran dengan program atau kegiatan yang dibangun dan dikembangkan pada berbagai perangkat daerah,”ungkapnya.

Lagi katanya, Integrasi berbagai aplikasi elektronik yang saling keterkaitan menjadi penting, misalnya antara aplikasi perencanaan dan monitoring (e-Planev di Bappekot Litbang), dengan aplikasi e-Budgeting (di BPKAD), Aplikasi Pelaporan (e-SAKIP) dan Aplikasi Kinerja Individu (sempe-KASN) di Bagian Ortala.

“Kementrian PAN RB saat ini sedang mengembangkan aplikasi e-Performance based Budgeting (penganggaran berbasis kinerja elektronik) yang dapat digunakan pada berbagai Kementerian atau Lembaga dan Pemda secara berbagi pakai, sehingga dapat mencegah  program “SILUMAN” dan mencegah penyimpangan, pemborosan, dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran,” bebernya.

Sekkot berharap, Bimtek SAKIP yang diselenggarakan saat ini, hendaknya diikuti secara baik sehingga terwujudnya Pemerintah yang akuntabel,efektif,dan efisien dan berbagai permasalahan dapat diminimalisir  dan dicegah. -MCAMBON,MP-

Please follow and like us:
« Cegah DBD, PEMKOT Akan Gelar Jumpa Berlian PLUS
Antisipasi Bencana, PEMKOT Akan Gelar Edukasi Kebencanaan »

BIMTEK SAKIP

Tata Cara Penyusunan LAKIP

Materi SAKIP 2019

Sistematika Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018

PENGUMUMAN SELEKSI PENGADAAN PEGAWAI KONTRAK POL PP

PENGUMUMAN SELEKSI PENGADAAN PEGAWAI KONTRAK POLISI PAMONG PRAJA

PERSYARATAN SELEKSI PENGADAAN PEGAWAI KONTRAK POL PP

Statistik

Statistik Sektoral

Statistik Sektoral Kota Ambon 2018

https://www.ambon.go.id/wp-content/uploads/2019/01/Video-Demam-Berdarah.mp4

 

ambon.go.id Visit Counter

Info Cuaca

Daftar Link

  • Situs Pemerintah Indonesia
  • Sekretariat Negara Republik Indonesia
  • Kementrian Komunikasi & Informatika RI
  • Kementrian Dalam Negeri RI
  • BAPPENAS
  • Situs Provinsi Maluku

LINK OPD

  • Dinas Lingkungan Hidup & Persampahan
  • Badan Penanggulangan Bencana
  • Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan
  • DP3AMD
  • Satuan Polisi Pamong Praja

 

 

  • Dinas Pendidikan
  • Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  • Badan Pengelolaan Pajak & Retribusi Daerah

Alamat

Pemerintah Kota Ambon
Jl. Sultan Hairun No.1
Ambon - 97126

Indonesia
Telp: +62.911 353546

Fax:  +62.911 343969
+62.911 345289 (KOMINFO)
email : diskominfosandi@ambon.go.id
  • Visi dan Misi
  • Pejabat Daerah
  • ORGANISASI PERANGKAT DAERAH
  • Kritik & Saran
  • Syarat & Kondisi
CyberChimps
© Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian