Walikota : Pengucapan Sumpah Anggota DPRD adalah Kado Bagi Kota Ambon

Ambon,PPID – Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kota Ambon Masa Jabatan 2019-2024 adalah kado bagi Kota Ambon, kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy melalui sambutan yang dibacakan dalam Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, Kantor DPRD Kota Ambon, Rabu (11/9/19).

“Saya percaya bahwa Tuhan telah memilih orang-orang hebat yang akan bertugas untuk mengawal kinerja eksekutif selama lima tahun yang akan datang,” aku Walikota.

Menurut Walikota, Pemerintahan yang baik merupakan isu yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini. “Pemerintah yang baik dan kuat hanya bisa tercapai apabila ada sinergitas antara eksekutif dan legislatif,” kata Walikota.

Walikota berharap, para anggota DPRD Kota Ambon periode 2019-2024 bisa menjadi mitra Pemerintah, terutama dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran serta pengawasan.

Pelaksanaan fungsi legislatif, lanjut Walikota, diharapkan dapat melahirkan output, berupa produk hukum yang aspiratif dan responsif karena mengakomodasi tuntutan, kebutuhan dan harapan masyarakat.

Terkait fungsi anggaran, DPRD harus terlibat secara aktif, proaktif, dan bukan reaktif serta sebagai legitimator usulan APBD yang disampaikan Pemerintah.

“Untuk fungsi pengawasan, bagi Pemerintah merupakan suatu mekanisme peringatan dini (early warning system), untuk mengawal agar pelaksanaan seluruh program kegiatan sesuai dengan tujuan dan sasarannya serta berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,” jelas Walikota.

Diketahui, pengucapan sumpah/janji yang dilakukan sesuai Surat Keputusan Gubernur Maluku, IrjenPol (Purn) Murad Ismail, Nomor 174 tahun 2019 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ambon masa jabatan 2014-2019 serta Surat Keputusan Gubernur Maluku Nomor 175 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ambon masa jabatan 2019-2024.

Dan yang menduduki kursi ketua sementara DPRD Kota Ambon adalah Ely Toisuta dari partai Golongan Karya dengan Wakil Ketua James Maatita dari Partai PDIP. (MCAMBON,MP).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *