Visi dan Misi

Visi Walikota dan Wakil Walikota periode 2017-2022 adalah :

 

“AMBON YANG HARMONIS, SEJAHTERA DAN RELIGIUS”

 

Visi di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Yang dimaksud dengan harmonis dalam visi ini adalah masyarakat yang berjalan selaras dan serasi sehingga tercapai harmonisasi kehidupan masyarakat Kota Ambon yang saling menghargai sebagai sesame orang basudara dengan prinsip – prinsip pela gandong. Nilai – nilai pela gandong yang dipertahankan untuk melindungi warga Kota dan bertujuan membangun Ambon yang Damai dan Toleran.

Toleransi antar masyarakat dan umat beragama perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu, hal ini untuk membangun kesadaran hidup masyarakat bahwa Kota Ambon merupakan suatu entitas berbagai agama dan etnik. Oleh karena itu, peran lembaga pemerintah dan lembaga-lembaga agama sangat penting dalam mewujudkan kehidupan yang toleran dan harmonis di Kota Ambon.

Kerukunan adalah sikap hidup warga kota yang rukun dan teratur dan berupaya menghindari kekerasan maupun konflik yang biasanya muncul dari hal-hal sepele yang berakibat fatal bagi kehidupan masyarakat. Hidup rukun sangat diperlukan bagi warga kota untuk menciptakan kondisi Ambon yang benar-benar aman dan tentram.

Yang dimaksudkan dengan Sejahtera dalam visi ini adalah menggambarkan derajat kehidupan warga Kota Anbon yang meningkat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, terbukanya kesempatan kerja dan berusaha, serta lingkungan fisik, social dan ekonomi sebagai bentuk perwujudan masyarakat yang sejahtera.

Maju dibidang pendidikan adalah terjadinya peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh terkait mutu pembelajaran, pendidik, infarstruktur, menajemen, dan pendanaan dan terwujudnya sekolah-sekolah berskala internasional ataupun World class School di Kota Ambon.

Maju dalam bidang kesehatan adalah terjadinya peningkatan pelayanan kesehatan yang prima bagi warga Kota Ambon dan berpihak pada rakyat dengan menyediakan berbagai fasilitas kesehatan bagi penduduk miskin. Meningkatkan peran pusat-pusat kesehatan masyarakat di Kota Ambon dengan meningkatkan kompetensi tenaga medis dan paramedic, mengadakan berbagai peralatan medis dan obat-obatan di rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan masyarakat melalui program program sehat Kota Ambon dengan target capaian selama periode pemerintahan kota.

Lingkungan yang kaju mengindikasikan terjadinya keseimbangan ekologis lingkungan hidup di wilayah Kota Ambon dengan partisipasi masyarakat yang kuat dan berkomitmen dimana proses pengelolaan lingkungan hidup berjalan secarah terarah dengan mengelola sampah secara baik dengan teknologi tepat, membina kesadaran masyarakat  yang peduli terhadap lingkungan terutama di lahan atas wilayah Daerah Aliran Sungai, memperluas wilayah penutupan hutan dengan mengoptimalisasi fungsi lindung dan daerah tangkapan agar tercapai hasil air yang lestari dengan kualitas yang tinggi. Kota Ambon menjadi kota yang bersih, tertib, nyaman, lingkungan yang hijau asri sehingga dapat mengembalikan citra Ambon Manise.

Hukum yang maju dalam visi ini adalah terjadinya peningkatan pemahaman dan kesadaran hukum seluruh warga kota sehingga terjadi perubahan perilaku terhadap penyelenggaraan dan penegakkan hukum di masyarakat dengan tujuan terjadinya ketertiban, ketaatan dan kepatuhan di bidang hukum serta menurunnya kejadian dan kasus-kasus pelanggaran hukum masyarakat.

Ekonomi yang maju mengindikasikan terjadinya geliat ekonomi yang tinggi dengan inflasi rendah dan berkembangnya sector riil yang berbasis kerakyatan sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan terjadinya pemerataan pendapatan. Bertumbuhnya industry menengah berbasis sumberdaya alam local yang terfokus pada komoditi hasil perkebunan dan perikanan rakyat serta berkembangnya industry pariwisata yang memacu peningkatan investasi yang menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, sehingga meminimalkan pengangguran di Kota Ambon.

Religious sebagai salah satu nilai karakter dimana saat ini Indonesia sedang giat membangun pendidikan karakter guna mendidik warga bangsa menjadi manusia berkarakter. Yang dimaksud religious dalam visi ini adlah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksankan ajaran agama atau kepercayaan yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama atau kepercayaan lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

Misi

  • Memperkuat dan mempererat harmonisasi sosial
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  • Memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat menuju kemandirian yang kreatif berbasis sumberdaya alam yang tersedia
  • Meningkatkan nilai-nilai spiritualitas masyarakat.

 

Comments are closed.