RENUNGAN SUCI PERINGATI HARI KAPITAN PATTIMURA KE-202

Ambon,PPID – Rabu (15/5/2019), Bertempat di Pattimura Park, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar upacara malam perenungan suci dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura yang ke-202.


Upacara yang ditandai dengan penyalaan obor Pattimura serta peletakan karangan bunga tersebut dipimpin oleh Wakil Walikota Ambon selaku Wakil Upulatu, Syarif Hadler.

Dengan tema Melalui Peringatan Hari Pattimura yang ke-202, Kita Lestarikan Budaya Maluku Guna Memperkokoh Kehidupan Orang Bersaudara, Bangun Maluku yang Aman dan Sejahtera, Wakil Upulatu mengajak semua masyarakat khususnya pattimura-pattimura muda untuk dapat memaknai dan mengimplementasikan semangat tersebut secara baik dalam kehidupan dan relasi orang basudara yang dikenal dengan istilah pela gandong.

‚ÄúDulu Pattimura berjuang untuk meraih kemerdekaan. Sekarang Pattimura-Pattimura muda, marilah mengisi kemerdekaan itu dengan kecerdasan dalam berpikir dan bertindak. Jangan mau dibodohi dengan berita-berita yang bersifat hoax (bohong), isu SARA, ujaran kebencian, fitnah dan segala macam. Itu tugas Pattimura-Pattimura muda dalam menjaga Budaya Orang Maluku,” Jelas Wakil Upulatu.

Sebagai Pemerintah, Wawali berharap Pattimura-Pattimura muda saat ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat anarkis, serta tidak terpengaruh dengan perilaku yang bersifat merugikan diri sendiri atau orang lain demi menciptakan situasi yang aman dalam kehidupan bermasyarakat.

“Peringatan hari pahlawan Pattimura ini merupakan momen yang tepat untuk mengajak Pattimura-Pattimura muda jadikan pena dan kertas sebagai alat perjuangan dan kecerdasan dalam membangun Ambon,Maluku dan Indonesia.
Pattimura muda saat ini juga harus berjuang menghapus paham-paham yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila yang ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” ajak Wawali.

Turut hadir dalam upacara malam perenungan suci, Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru, Forkopimda Kota Ambon, pimpinan OPD Pemkot Ambon, perwakilan TNI/Polri, Rohaniawan serta semua elemen terkait baik ASN Pemkot, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, pelajar, guru dan mahasiswa termasuk masyarakat. (MCAMBON,MP)

Please follow and like us:

Comments are closed.