Kebun Beta, Sinergitas Pemkot-BI Dalam Mengendalikan Inflasi

Ambon,PPID – Dalam upaya mengendalikan angka inflasi daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) melakukan Kegiatan Pencanangan Gerakan Lorong Kebun Beta.Pencanangan yang mengambil tempat di Lorong Pohon Pule, dibuka secara resmi oleh Walikota Ambon,Richard Louhenapessy, Sabtu (16/3).

Kegiatan pencanangan tersebut merupakan bagian dari program Kemandirian dan Ketahanan Pangan yang dilakukan oleh BI Perwakilan Maluku melalui bantuan anakan sayur-sayuran dan bumbu-bumbuan.

Walikota Ambon dalam sambutannya, memberikan apresiasi bagi pihak Bank Indonesia yang berinisiasi untuk mengembangkan lorong-lorong kebersihan yang ada di Kota Ambon menjadi lorong-lorong penambah komoditas pangan.

“Pemkot berkeinginan untuk membenahi lorong-lorong yang ada di Kota Ambon, selain untuk aspek estetika, melalui pengecatan mural dan seni melukis yang edukatif namun juga untuk memberikan nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat,” Ungkap Walikota.

Kerjasama yang dilakukan dengan pihak BI, Lanjut Walikota, merupakan hal yang sangat baik yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan nilai positif bagi masyarakat di Kota Ambon.

“Penanaman Komoditas Pangan yang dibantu oleh BI, selain dapat dimanfaatkan untuk konsumsi keluarga, juga dapat dimanfaatkan untuk menambah nilai ekonomis bagi masyarakat,” Terang Walikota.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan kegiatan tersebut merupakan suatu Gerakan Kemandirian Bahan Baku Pangan melalui Bercocok Tanam (Kebun Beta).

“Efektifnya, menjadikan lorong yang sudah bersih menjadi lorong Ruang Terbuka Hijau (RTH), Asri dan Produktif sebagai tempat untuk menghasilkan pangan, sayur-sayuran maupun buah-buahan serta tanaman obat keluarga yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut ditunjang dengan pemberian beberapa sarana, antara lain 12 jenis benih sayuran, 1 jenis bunga marigon (tanaman pengusir nyamuk), peralatan pertanian, pupuk pestisida, serta beberapa bantuan lainnya.

Ditempat yang sama, Kepala Perwakilan (KPw) BI Maluku, Bambang Pramasudi mengatakan, tekanan terhadap inflasi di daerah salah satunya melalui penambahan komoditas pangan.

“Saat-saat tertentu, kebutuhan suatu daerah akan sayur-sayuran akan meningkat, sementara pasokannya tidak selalu stabil. Hal itulah yang menginisiasi BI untuk mencoba menambah komoditas pangan dengan melakukan penanaman sayur-sayuran di lorong-lorong di Kota Ambon,” ungkapnya.

KPw BI mengakui, melalui kerjasama yang dilakukan dengan Pemkot Ambon, hal tersebut dapat terwujud dan pastinya membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Program sinergi berdampak sangat baik selain untuk menjaga kebersihan lingkungan serta ketahanan pangan juga dapat membantu mengendalikan inflasi sekaligus tambahan penghasilan bagi masyarakat,” akunya.

Diketahui, selain pada lorong Pohon Pule, kegiatan Lorong Kebun Beta juga dilakukan pada beberapa lorong di Kota Ambon, antara lain Lorong di Kelurahan Uritetu, Lorong Desa Poka, Lorong Desa Latta dan Lorong Negeri Passo. -MCAMBON,MP-

Comments are closed.