Implementasi Smart City, DiskominfoSandi Ambon Gelar Workshop

Ambon, PPID – Dalam rangka percepatan Ambon menuju Smart City, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) menggelar Workshop Implementasi Smart City yang diikuti Pejabat perangkat daerah, akademisi serta para relawan TIK yang berlangsung di Meeting Room Marina Hotel, Jumat (26/4) dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G. Latuheru. Sekkot Ambon dalam sambutannya mengatakan, Workshop Smart City ini menjadi bagian dari sinergitas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dengan Pemerintah Kota Ambon yang merupakan salah satu dari 100 kota di Indonesia untuk percontohan Smart City.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membimbing Kabupaten Kota agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi baik dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah,” tegas Sekkot.

Sekkot berharap lewat workshop ini, akan muncul komitmen dari seluruh perangkat daerah yang konsisten dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui teknologi informasi berbasis budaya yang dimiliki oleh Pemerintah dan Masyarakat Kota Ambon.

Kota Ambon diketahui terpilih dalam seleksi gerakan menuju 100 Smart City yang merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan tersebut bertujuan untuk mendorong kota atau kabupaten di Indonesia agar lebih memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Kota Ambon dan 99 kota/kabupaten lainnya terpilih dari 514 kota atau kabupaten seluruh Indonesia dalam gerakan menuju 100 Smart City,” ucap Sekkot.

Smart city diharapkan dapat membantu solusi kendala perkotaan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat yakni peningkatan kualitas hidup dan  kesenjangan dalam masyarakat. (MCAMBON,MP).

Comments are closed.